Wajib Diketahui! Manfaat Kolagen yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Wajib Diketahui! Manfaat Kolagen yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh (Dok : byoote id)

epanrita.net – Manfaat kolagen mungkin lebih populer sebagai kandungan yang dapat merawat kulit. Padahal, sebenarnya kolagen masih punya banyak manfaat lain yang lebih penting.

Kolagen memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein struktural utama dalam jaringan ikat kulit.

Bacaan Lainnya

Sekitar 30% kolagen terdiri dari protein dalam tubuh. Kandungan kolagen diperlukan untuk rambut, tendon, tulang rawan, tulang dan terutama kulit.

Fungsi kolagen di kulit adalah memberikan building blocks untuk kulit. Ini juga mengikat reseptor fibroblas yang terletak di lapisan kulit. Tujuannya adalah untuk merangsang sintesis kolagen serta asam hialuronat.

Kehadiran kolagen juga dapat membuat rambut bersinar, menjaga kulit tetap kencang dan halus, dengan kuku yang kuat. Namun pada kenyataannya, kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen menurun secara signifikan seiring bertambahnya usia.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor eksternal dalam gaya hidup. Seperti merokok, kurang tidur, gizi buruk, paparan sinar matahari dan lain-lain.

Hal ini menyebabkan penurunan kuantitas dan kualitas elastin dan kolagen di daerah dermis. Ini membuat kulit kenyal, meningkatkan kerutan, kehilangan elastisitas, mengubah warna kulit.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memenuhi kebutuhan kolagen. Salah satunya mungkin konsumsi minuman kolagen.

Menurut Dr. Johan Samudra, pakar gizi dan kesehatan yang merupakan Sp.GK dari Indonesia Raya, ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa minum minuman kolagen dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh.

Pada penggunaan 2,5 g kolagen peptide setiap hari, selama 60 – 90 hari dapat membantu memperbaiki hidrasi dan elastisitas pada kulit. Serta mengurangi kerutan, meningkatkan bioaktivitas fibroblast dan sintesis kolagen,” ujarnya pada konferensi pers Nutriville di Gran Indonesia Jakarta pada hari Kamis (19/8/2022).

Pos terkait