Biasakan Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Resiko Kolesterol Tinggi

Hidup Sehat untuk Kurangi Resiko Kolesterol Tinggi. ( Dok.Sumber : Freepik )

epanrita.net – Setiap orang punya potensi jadar kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung serta serangan jantung. Resiko tersebut semakin meningkat dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Namun ada cara untuk mengurangi resiko kolesterol tinggi yaitu dengan melakukan perubahan gaya hidup, dilansir dari laman Mayoclinic cobalah lima perubahan sehat seperti di bawah ini untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi.

Bacaan Lainnya

1. Makan makanan yang menyehatkan jantung

Kurangi lemak jenuh. Lemak jenuh, ditemukan terutama dalam daging merah dan produk susu penuh lemak. Makanan ini meningkatkan kadar kolesterol tinggi .

Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) – kolesterol “jahat”.

Menghilangkan lemak trans. Lemak trans, kadang-kadang tercantum pada label makanan sebagai “minyak sayur terhidrogenasi parsial,” sering digunakan dalam margarin, biskuit, dan kue yang dibeli di toko.

Makanlah makanan yang kaya akan omega-3. Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol LDL.

Tetapi omega-3 memiliki manfaat meningkatkan kesehatan jantung, termasuk mengurangi tekanan darah. Makanan dengan asam lemak omega-3 di antaranya terdapat di salmon, mackerel, herring, walnut, dan biji rami.

2. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL), kolesterol “baik” yang berarti mengurangi resiko kolesterol tinggi. Di antara olahraga ringan yang dapat diterapkan di rumah yaitu:

-Berjalan cepat setiap hari

-Naik sepeda ke tempat kerja

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menurunkan resiko kolesterol jahat. Manfaat terjadi dengan cepat:

-Dalam waktu 20 menit setelah berhenti, tekanan darah dan detak jantung kembali normal

-Dalam tiga bulan setelah berhenti, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru mulai membaik

-Dalam satu tahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung Anda adalah setengah dari perokok

4. Berhenti minum alkohol

Jika Anda minum alkohol, lakukan dalam jumlah sedang. Untuk orang dewasa yang sehat, itu berarti hingga satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan pria yang lebih tua dari 65 tahun, dan hingga dua gelas sehari untuk pria berusia 65 tahun ke bawah. T

erlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke.

Pos terkait