Apakah Ibu Viral Mencuri Cokelat di Alfamart Penyebab Perilaku Klepto?

Ibu Bermercy Curi Cokelat di Minimarket, Apa Penyebab Seseorang Klepto? (dok: healthokezonecom)

epanrita. net – Sebuah video viral ditangkap oleh petugas karyawan Alfamart dan ibu dari seorang pengemudi Mercy yang mencuri cokelat dari sebuah minimarket. Akhirnya, kleptomania memaksanya untuk mengakui perbuatannya.

Meskipun perilaku ini disebut kleptomania atau terkadang klepto, perilaku ini belum banyak diketahui masyarakat umum.

Klepto adalah gangguan jiwa yang diderita seseorang. Sebagai dorongan (motivasi) untuk sesuatu, seperti mengambil sesuatu yang tidak Anda butuhkan.

“Kita ketahui bahwa kleptomania itu mengambil barang bukan karena membutuhkan tersebut atau punya masalah finansial tapi ada dorongan atau impuls,” kata dr Andreas Kurniawan, Sp.KJ, Psikiater di Smart Mind Center RS Gading Pluit, dilansir MNC Portal, Rabu (18/8/2022).

Pada usia berapa mulainya?

Diketahui, orang-orang dengan kleptomania mungkin dari berbagai usia. Pertama, dimulai dari usia anak.

Menurut dr Andreas, sangat mudah untuk mencegah usia anak di usia remaja. Dapat mengarahkan dan mencegah dimana kondisi anak dan mengontrol impuls (pencurian) sejak dini.

“Pertama kita perlu pahami dulu, klepto bisa dialami usia berapa pun. Tetapi paling banyak itu dimulai usia anak ataupun remaja,” terangnya.

“Maka kalau kita bisa mencegah sejak dia masih kecil ataupun remaja, harapannya bisa dicegah di kemudian hari,” tambah dr Andreas.

Pos terkait