Perbedaan Kemoterapi dan Radioterapi, Dua Jenis Perawatan untuk Pasien Kanker

Perbedaan Kemoterapi dan Radioterapi, Dua Jenis Perawatan untuk Pasien Kanker (Dok : tribunnews com)

epanrita.net – Perbedaan kemoterapi dan radioterapi terletak pada cara kerjanya. Kemoterapi menggunakan obat yang bersirkulasi di darah dan bekerja sistemik.

Secara substansial kemoterapi dan radioterapi memiliki perbedaan.

Dijelaskan Dokter speasialis Departemen Radiologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada dr. Ericko Ekaputra, Sp.Onk Rad, kemoterapi merupakan metode memasukkan obat ke dalam pembuluh darah sehingga obat tersebut bisa beredar ke seluruh tubuh dan mematikan sel tumor.

Sementara radioterapi adalah treatment regional, jadi yang menjadi target adalah tumor, bekas tumor, dan regionalnya atau area di sekitar tumor.

Di tempat dimana menurut kita ada kemungkinan untuk penyebaran tumor, Jadi, untuk efek sampingnya juga localize,” ujar Ericko dalam kegiatan virtual.

Meski demikian, bukan berarti seluruh tumor bisa di treatment dengan radioterapi karena masih bisa berpegang erat dengan evidende based medicine penelitian-penelitian tumor mana saja yang radiosensitif dan tumor mana saja yang radioresisten.

Radioterapi ini berbeda pada setiap tumor, akan berbeda dimana dia masuknya. Pada kanker serviks stadium B1 kebawah, treatment of choice-nya adalah operasi, karena secara evidence based lebih baik operasi”

Pos terkait