Cara Tepat Menggunakan Retinol Bagi Pemula, Dapat Meminimalisir Iritasi Kulit

Cara Tepat Menggunakan Retinol Bagi Pemula, Dapat Meminimalisir Iritasi Kulit (Dok : productnation co)

epanrita.net – Kamu mungkin sudah sering mendengar manfaat retinol untuk kulit. Retinol dibuktikan dapat mengatasi masalah penuaan dan memperbaiki kondisi kulit.

Retinol baru-baru ini menjadi primadona di dunia kecantikan. Bahan aktif ini memiliki banyak manfaat dan dianggap efektif dalam membuat kulit bercahaya.

Bacaan Lainnya

Retinol sendiri merupakan bahan aktif yang berasal dari vitamin A. berfungsi untuk meremajakan kulit, melembutkan jaringan kulit, mencegah kerutan mencerahkan.

Seiring dengan hype-nya serum berbahan retinol, tak sedikit juga orang yang memiliki dampak buruk dari produk tersebut. Tak jarang, mereka yang menggunakan retinol berakhir iritasi seperti efek terbakar atau malah menjadi jerawatan.

Efek samping dari retinol mungkin karena penggunaan yang salah. Jadi, pelajari cara menggunakan retinol untuk pemula yang tepat.

Penggunaan progresif retinol

Banyak ahli kecantikan setuju untuk secara bertahap memakai retinol. Jangan gunakan retinol setiap hari, terutama bagi mereka yang belum menggunakan retinol sama sekali.

Mulai menggunakan retinol dua sampai tiga kali seminggu,” ucap Dermatologi Dr. Corey L. Hartman dari Alabama, AS, seperti dikutip dari Marie Claire.

Dokter kulit Tobechi Ebede merekomendasikan untuk mulai menggunakan retinol sedikit demi sedikit. Mulai seminggu sekali. Pada minggu kedua, retinol dapat digunakan dua kali dalam dua minggu. Porsi penggunaan juga dapat ditingkatkan lagi dengan menggunakannya tiga kali dalam tiga minggu.

Jika kulit terbiasa dengannya dan cukup kuat ketika terkena retinol, serum aktif dapat digunakan sebentar-sebentar. Meskipun kami sudah menggunakan retinol “secara profesional“, tidak disarankan untuk menggunakannya setiap hari.

Retinol Hanya untuk Malam Hari

Retinol menjadi perawatan malam hari untuk wajah. Efek ini bekerja secara optimal di malam hari dan tidak efektif bila digunakan pada siang hari.

Retinol praktiknya digunakan di malam hari karena molekulnya tidak stabil jika terpapar sinar UV,” ujar dokter kulit Joshua Zeichner, MD, seperti dikutip dari Well and Good

Tahapan Pakai Retinol

Langkah-langkah untuk menggunakan retinol pertama kali berawal dari pencucian wajah. Gunakan pembersih yang lembut. Anda dapat terus menggunakan toner setelah mencuci muka. Pemilihan toner juga harus diperhitungkan.

Saat menggunakan retinol, hindari toner yang memiliki efek pengelupasan seperti AHA/BHA. Carilah toner yang memberikan efek pelembab. Selanjutnya, gunakan retinol dan tutupi dengan pelembab.

Pos terkait