Antisipasi Ancaman Invasi Dari Cina, Luncurkan Jet Tempur Canggih Dilengkapi Rudal Sebagai Pelatihan

Jet tmpur taiwan dipamerkan guna mengantisipasi ancaman dari Cina. (Dok.Detik com)

epanrita.net – Pesawat jet tempur F-16 Taiwan menderu ke langit malam pada Rabu (17/8/2022) dalam unjuk kekuatan di depan media.

Taiwan memamerkan pesawat tempur paling canggihnya, F-16V yang dilengkapi rudal, setelah China melakukan latihan militer skala besar di sekitar wilayahnya. Enam pesawat tempur F-16V Taiwan terbang di langit malam untuk misi pengintaian dan pelatihan.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari AFP, Kamis (18/8/2022) bahwa China melakukan latihan militer udara dan laut di Selat Taiwan selama beberapa hari bulan ini sebagai tanggapan atas kunjungan kontroversial Ketua DPR Nancy Pelosi ke DPR AS. Taipei.

Sebagai tanggapan, Taiwan juga melakukan latihan pertahanan yang mensimulasikan invasi China.

Pada Rabu (17/8) waktu setempat, personel Angkatan Udara Taiwan memasang rudal anti kapal buatan AS di salah satu pesawat tempur F-16V nya saat latihan “persiapan pertempuran” di sebuah pangkalan di Distrik Hualien.

Angkatan Udara Taiwan menyebutkan, enam pesawat tempur F-16V lepas landas untuk misi pengintaian dan pelatihan malam. Taiwan menambahkan bahwa dua pesawat tempur F-16V dilengkapi dengan rudal selama misi tersebut.

“Dalam menghadapi ancaman latihan militer terbaru pasukan komunis China, kami tetap waspada sambil menetapkan konsep ‘medan perang di mana saja dan latihan kapan saja’ … untuk menjamin keamanan nasional,” tegas Angkatan Udara Taiwan dalam pernyataannya.

Taiwan berada dalam bahaya diserbu oleh China, yang mengklaim sebagai bagian dari wilayahnya yang otonom. Taipei menuduh China menggunakan kunjungan Pelosi sebagai alasan untuk pelatihan militer untuk agresi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Taiwan telah meningkatkan armada pesawat tempurnya yang menua sambil waspada terhadap peningkatan aktivitas militer China, dan angkatan udara terus berada di bawah tekanan ketika pesawat militer China masuk ke zona pertahanan udara Taiwan.

November lalu, Taiwan mengerahkan skuadron pertama pesawat tempur F-16V AS.

F-16V merupakan versi terbaru dari pesawat tempur F-16 yang diproduksi Amerika Serikat sejak tahun 1990-an.

Pos terkait