5 Rekomendasi Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok untuk Nobar Jelang HUT RI 17 Agustus 2022

HUT RI 17 Agustus 2022 tinggal hitungan hari, Simak 5 rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia berikut. ( Dok. Antaranews com )

eparinta.net – HUT RI 17 Agustus 2022 tinggal hitungan hari, Simak 5 rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia berikut, cocok untuk nonton bersama (nobar) jelang hari kemerdekaan Indonesia.

Terdapat banyak film tentang kemerdekaan Indonesia, yang menceritakan bagaimana perjuangan para pahlawan kemerdekaan saat itu.

Bacaan Lainnya

Kemudian, film tentang kemerdekaan Indonesia juga akan memberikan potret masa lalu, bagaimana masyarakat Indonesia kala itu bertahan dari penjajahan.

Tidak hanya itu, film tentang kemerdekaan Indonesia juga akan mengajak penonton untuk terus mengingat dan menghargai jasa pejuang kemerdekaan.

Sebab karena merekalah kemudian rakyat Indonesia saat ini dapat merayakan HUT RI Indonesia.

Maka berikut ini Pikiran-Rakyat.com telah merangkum 5 rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang dapat membangkitkan rasa cinta tanah air maupun nasionalisme jelang HUT RI.

1. Merah Putih (2009)

Rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia pertama ada Merah Putih, mengisahkan tentang peristiwa Agresi Militer Belanda pertama pada 1947.

Merah Putih merupakan salah satu dari Trilogi film tentang kemerdekaan Indonesia karya Yadi Sugandi, diangkat dari tulisan Connor Allyn dan Rob Allyn.

Dua karya lainnya yaitu Darah Merdeka (2010) dan Hati Merdeka (2011).

Film Merah Putih pun dibintangi oleh sejumlah artis ternama Indonesia, seperti Donny Alamsyah, Lukman Sardi, Rahayu Saraswati dan Darius Sinathrya.

2. Soekarno (2013)

Film Soekarno juga menceritakan tentang kemerdekaan Indonesia, mengisahkan bagaimana kehidupan seorang proklamator kemerdekaan semasa hidupnya.

Tokoh Soekarno diperankan oleh Abibayu, dia terbilang sukses memerankan Bung Karno dalam film ini.

Selain itu dalam film Soekarno, Lukman Sardi dan Maudy Koesnaedi hingga Sujiwo Tejo juga ikut membintangi.

Soekarno merupakan film tokoh proklamator Indonesia yang ceritanya ditulis oleh Ben Sihombing.

3. Janur Kuning (1979)

Film tentang kemerdekaan Indonesia ini tergolong keluaran lama garapan almarhum Alam Surawijaya dan diluncurkan pada tahun 1979.

Janur Kuning mengisahkan bagaimana upaya pejuang Indonesia merebut kembali kemerdekaan yang telah diambil lagi oleh pasukan sekutu.

Tokoh dalam film Janur Kuning bernama Letnan Kolonel Soeharto dan Jenderal Soedirman.

4. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Dalam film Guru Bangsa Tjokroaminoto, mengisahkan tentang sosok guru bangsa Tjokroaminoto memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam film garapan Garin Nugroho ini juga menceritakan bagaimana Tjokroaminoto berhasil mendidik tokoh-tokoh pejuang Indonesia, seperti Soekarno.

Tokoh Tjokroaminoto diperankan oleh Reza Rahadian, selain itu ada juga nama Christine Hakim, Almarhum Didi Petet dan juga Sujiwo Tejo.

5. Jenderal Soedirman (2015)

Terakhir dalam daftar rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia ada Jenderal Soedirman, keluaran tahun 2015.

Mengisahkan tentang Jenderal Soedirman seorang pemimpin perang Gerilya yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia walaupun tengah menderita penyakit paru-paru.

Jenderal Soedirman dibintangi oleh Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong dan Nugie.

Demikianlah 5 rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia dan cocok ditonton bersama keluarga, teman, maupun nonton bersama pada  HUT RI 17 Agustus nanti.***

Pos terkait