Lebih Seram Dari Pengabdi Setan! Film Karya Joko Anwar Ini Jauh Lebih Menegangkan

Salah satu film tersadis karya Joko Anwar Pintu Terlarang. (Dok.Youtube)

epanrita.net – Pintu Terlarang merupakan salah satu film lokal Thriller kelas dunia yang disutradarai juga oleh Joko Anwar, film tersebut juga mendominasi Bioskop pada masanya. Bagi yang tidak tahu simak ulasannya berikut:

Nama Joko Anwar menjadi semakin populer setelah boomingnya film Pengabdi Setan pertama yang dirilis pada tahun 2017. Film ini menjadi film horor terlaris sepanjang masa, melampaui 4,2 juta penonton, dan dikalahkan oleh KKN di Desa Penari di pertengahan 2022. Mengambil alih film aslinya yang dirilis pada tahun 1980, tingkat ketakutan pasti meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan sinematografi saat ini.

Bacaan Lainnya

Lebih dari itu, sequelnya ‘Pengadi Setan 2’ yang sukses masuk layar IMAX pada 30 Juli 2022 dan tayang perdana, saat ini sedang dievaluasi sebagai film horor level tertinggi di Indonesia. Pengabdi Setan 2 tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada 4 Agustus 2022.

Di balik kesuksesan Pengabdi Setan, banyak yang bertanya-tanya bagaimana sutradara Joko Anwar bisa membuat film yang begitu hebat. Kedewasaan perfilman Joko Anwar saat ini tentunya merupakan evolusi dari karya yang telah diraihnya di tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu film Joko Anwar yang dirilis pada tahun 2009, Pintu Terlarang, adalah karya hebat dengan penceritaan, adegan, dan sinematografi yang luar biasa. Drama thriller ini berhasil menjelaskan betapa kuatnya Joko Anwar dalam menceritakan sebuah kisah dalam sebuah film. Anehnya, meskipun film ini dibuat pada tahun 2009, ide cerita dan penggambaran film tersebut sepertinya tidak ketinggalan zaman menurut standar saat ini. penasaran? Simak trailer Pintu Terlarang di bawah ini!

Mengisahkan tentang Gambir, seorang pematung terampil yang menikah dengan Talida, Patung Gambir dikenal banyak diminati karena model ibu hamil yang dianggap “hidup” oleh penikmatnya.

Koh jimmy membantu menjual Patung Gambir dan mengetahui semua rahasianya. Rahasianya, patung wanita hamil yang dipahat oleh Gambir itu ternyata berisi janin bayi di dalamnya.

Sepanjang cerita, Gambir dihantui seorang anak yang terus meminta bantuan dan membawanya ke sebuah tempat bernama Herosase. Horesase diceritakan adalah ruangan khusus untuk menonton video berisi kekejaman manusia.

Gambir melihat anak yang menghantuinya tadi di video yang dia tonton, anak itu disiksa oleh kedua orang tuanya di rumah. Secara kebetulan, dia juga menemukan video Talida dan teman-temannya selama ini berbohong kepadanya.

Mengetahui bahwa dia telah dibohongi, Gambir memutuskan untuk membunuh seluruh keluarga atas kejahatan mereka.Setelah melakukan pembunuhan, dia ingat akan larangan Talida bahwa dirinya tidak boleh membuka pintu yang ada di rumahnya.

Tanpa ada yang mengganggu, Gambir membuka pintu tersebut. Ternyata pintu itu menuju ke rumah tempat dia tinggal bersama ibu dan ayahnya dulu. Ia menemukan, sosok anak kecil yang selama ini menghantuinya, adalah cerminan dari dirinya sendiri.

Gambir ternyata seorang yang memiliki gangguan jiwa, semua yang dia alami hanyalah imajinasinya. Sosok Talida, Dandung, Rio dan Koh Jimmy mereka adalah gambaran orang-orang yang berada di rumah sakit jiwa.

Dia dipenjara di bangsal RSJ setelah membunuh orang tuanya ketika dia berusia 10 tahun. Nama RSJ adalah Herosase. Di akhir film, sosok Gambir berubah menjadi pendeta dan memberikan nasihat kepada para pembunuh.

Apakah ini imajinasi Gambir? Atau apakah Gambir sudah pulih?

Berikut itukah sinopsis “Pintu Terlarang” karya Joko Anwar. Tak heran jika film ini memenangkan Festival Film Internasional Puchon 2009 di Korea. Penasaran dengan kisah Gambir? Tonton langsung di platform streaming film legal favorit Anda.

Pos terkait