Puluhan Juta Pelajar Punya Tabungan Total Puluhan Triliun

Wih! 76 Juta Pelajar di RI Miliki Rekening Rp27 Triliun (dok: economyokezonecom)

epanrita. net – Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi mengatakan 76 juta pelajar di Indonesia sudah memiliki rekening bank.

“Saat ini sekitar 76 persen dari pelajar sudah memiliki rekening atau sudah sekitar 76 juta pelajar memiliki rekening dengan nilai Rp27 triliun,” ungkapnya dalam webinar Puncak Kejar Prestasi Generasi Muda (Kreasimuda) yang dilihat di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Sementara itu, OJK menyelenggarakan Program Kreasimuda Indonesia untuk mendorong semua pelajar di bawah usia 18 tahun untuk memiliki minimal satu rekening tabungan di bank.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan yang melibatkan siswa dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi keuangan siswa.

“Kegiatan inklusi finansial ini penting melibatkan pelajar karena kalau melibatkan pelajar berarti orang tuanya ikut terlibat sebagai pemberi uang saku anak,” kata Menko AIrlangga Hartarto.

Kedepannya, kata dia, akan meningkatkan inklusi keuangan mahasiswa dengan mendorong mereka memiliki tabungan yang meningkatkan ketahanan ekonomi mereka.

Sementara itu, menurut Survei Nasional Pemahaman dan Inklusi Keuangan, tingkat inklusi keuangan Indonesia mencapai 76,19% pada 2019 dan akan terus meningkat.

“Kita lihat data OJK, tabungan masyarakat meningkat setiap tahun selama COVID-19 antara sekitar 10 persen. Ini kekuatan yang menambah likuiditas perbankan,” kata Menko Airlangga Hartarto.

Pos terkait