Resmikan Food Estate di Gresik, Jokowi: Bisa Tanam Mangga 1.000 Hektar

Resmikan Food Estate di Gresik, Jokowi: Bisa Tanam Mangga 1.000 Hektar (Dok : youtube com)

epanrita.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan lumbung pangan (food estate) berbasis Mangga dan taksi alsintan di Gresik, Jawa Timur pada hari ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan lumbung pangan (food estate) buah angga dan taksi alsintan di Panceng, Gresik, Jawa Timur, Senin, (22/8/2022).

Bacaan Lainnya

Presiden juga meresmikan penanaman bibit mangga seluas 1000 hektar di 4 Kecamatan.

Kita harapkan ini food estate ini, ada yang milik rakyat ada yang milik swasta dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun di sini, ada embungnya ada food estatenya, masyarakat bisa dapat swasta juga bisa bergerak,”  ujar Presiden.

Mangga yang dihasilkan kata Presiden, nantinya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selain itu juga untuk diekspor karena ekspor mangga ke beberapa negara masih kurang.

Biji tanem sekarang nanti bisa berbuah kira-kira 3 tahun, sebagian diekspor, sebagian untuk keperluan domestik karena permintaan mangga untuk ekspor itu sekarang masih kurang ke Timur Tengah, China, ke Jepang, Eropa saya kira banyak permintaan,”  ujar Presiden.

Penanaman mangga tersebut kata Presiden tidak hanya akan dilakukan di Kabupaten Gresik, melainkan di wilayah lainnya yang tanahnya cocok untuk tanaman mangga.

Saya senang kelihatan yang sudah tertanam di sini, manajemennya sudah baik dan kita harapkan nanti juga ada pendampingan, QC, quality control dari buyernya sehingga level kualitasnya akan naik,” pungkasnya.

Pos terkait