Ma’ruf Amin: Kita Sebebai Umat Muslim Harus Memerangi Krisis Ekonomi

Wapres Imbau Umat Lakukan Jihad Ekonomi Hadapi Krisis (dok: okezonecom)

epanrita. net – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menanggapi seruan ibu pertiwi dan mengimbau umat Islam untuk melakukan jihad ekonomi menghadapi krisis sebagai bagian dari ibu pertiwi.

Hal itu dikatakan Wapres saat menghadiri Milad Majelis Dzikir Riyadhul Jannah ke -16 dan haul ke-23 ulama besar Indonesia Habib Umar Bin Hood Alatas, di Masjid Syech Muhammad Yusuf, Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/8/2022).

Bacaan Lainnya

“Kalau dulu, para nenek moyang kita memenuhi panggilan untuk memerangi musuh, mengusir penjajah. Mereka memenuhi prinsip cinta tanah air. Sekarang panggilan kita adalah bersiap menghadapi krisis,” ucap Wapres.

Wapres menyebut, krisis global termasuk krisis energi dan krisis pangan merupakan akibat dari perang Ukraina dan perubahan iklim. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus siap menghadapi krisis melalui jihad ekonomi.

“Untuk mempertahankan hidup kita. Karena menurut ulama, menjaga kehidupan, dengan menjaga [pemenuhan] kebutuhan-kebutuhan pokok, yang primer, maupun yang sekunder, dan juga tersier, itu termasuk tujuan besar dari syariat,” ujarnya.

Wapres RI memuji retorika Majelis Riyadhul Jannah yang berhasil merangkul semua kalangan, khususnya umat Islam.

Wapres mengatakan, hal ini terlihat dari aturan-aturan advokasi yang dipatuhi secara ketat, seperti tidak menghina pemerintah atau partai politik, tidak menghina kelompok Islam, tidak menghina non-Muslim, dan tidak membicarakan mereka dalam kebijakan praktis.

Habib Abu Bakar bin Salim bin Umar bin Hood Alatas mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden RI yang telah hadir, mantan murid mendiang alamarhum Habib Umar, kakek dari Habib Abu Bakar.

Habib Abu Bakar mengatakan, “Kami sangat bersyukur, Abah berkenan hadir ke acara ini. Juga dengan kehadiran para pejabat lain yang tidak kami duga,”

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seorang Boy Rafli Amar, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Sementara itu, Wapres didampingi Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

Pos terkait