Gubernur Khofifah Resmikan Bus Trans di Jawa Timur

Bus Trans Jatim Resmi Beroperasi, Ini Rutenya (dok: jatiminewsid)

epanrita. net – Bus Trans Jatim resmi dibuka. Bus angkutan umum dengan sistem pembelian jasa dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Terminal Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (19/8/2022).

Tak hanya beroperasi, Gubernur Khofifah juga berkesempatan merasakan langsung bus Trans Jatim. Pada acara tersebut, Khofifah didampingi Bupati Sidoarjo Ahmad Mudlor, Walikota Surabaya Ery Cahyadi, dan Bupati Gresik Fandy Ahmad Yani.

Bacaan Lainnya

Saat ini Trans Jatim akan melintasi jalan Sidoarjo-Surabaya-Gresik. Pengoperasian bus Trans Jatim juga diyakini bisa mengurangi kemacetan di tiga kabupaten di Jawa Timur itu.

“Alhamdulillah hari ini bus Trans Jatim bisa kita luncurkan dan resmi beroperasi. Untuk tahap pertama ini adalah Koridor I. Rutenya di kawasan Surabaya Raya. Rencananya koridor II dan III akan kita laksanakan di 2023 dan koridor IV di tahun 2024,” ucap Gubernur Khofifah.

Untuk itu, guna meningkatkan minat masyarakat terhadap Bus Trans Jatim, Bus Trans Jatim akan dioperasikan secara gratis hingga akhir Agustus 2022. “Silakan dimaksimalkan Bus Trans Jatim ini. Karena manfaatnya banyak. Mengurai kemacetan dan yang terpenting mengurangi risiko kecelakaan,” ujar Khofifah.

Sebagai laporan, ada hingga 22 kendaraan bus yang disiapkan Pemprov Jatim. Bus Trans Jatim beroperasi dari pukul 05:00 WIB hingga 21:00 WIB dari Terminal Porong Sidoarjo ke terminal Bunder Gresik.

“Busnya akan stand by dengan sistem headway setiap 10 hingga 15 menit di jam-jam sibuk. Tentu ini akan sangat membantu karena armadanya selalu ada dengan rentang waktu yang cepat,” tuturnya.

Pos terkait