Jokowi Ungkap Pengendalian Kenaikan Inflasi di 5 Provinsi

Inflasi 5 Provinsi di Atas 5%, Jokowi: Jambi, Bangka Belitung hingga Riau Hati-Hati (dok: detikFinance - Detikcom

epanrita. net – Presiden Jokowi menekankan tingginya inflasi di lima wilayah Indonesia. Angka ini lebih tinggi dari tingkat inflasi nasional sebesar 4,9%.

Jokowi menjelaskan lima provinsi bagian dengan tingkat inflasi di atas 5%, antara lain Jambi, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Riau, dan Aceh.

Bacaan Lainnya

“Ini 5 provinsi yang inflasinya di atas 5%. Jambi Provinsi Jambi hati-hati sudah berada di angka 8,55%, Sumatera Barat berada di angka 8,01%, Bangka Belitung 7,77%, Riau angka 7,04%, Aceh di angka 6,97%,” ujar Jokowi, dalam penyambutan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Jokowi juga meminta perwakilan daerah memperhatikan data inflasi. Ia berharap, inflasi di masing-masing daerah bisa diselesaikan secara bersama-sama oleh pemerintah pusat dan daerah.

“Tolong ini dilihat secara detail yang menyebabkan ini apa agar bisa kita selesaikan bersama-sama dan bisa turun lagi Di bawah 5 syukur bisa di bawah 3,” terangnya.

Jokowi juga meminta para kepala daerah untuk lebih memahami tingkat inflasi di daerah. Kepala negara juga memperingatkan bahwa dia akan tiba-tiba bertanya kepada kepala daerah tentang inflasi.

“Detail angka-angkanya harus tahu, provinsi harus tahu. Posisi inflasi saya di angka berapa. Nanti saya ke daerah, saya tanya jangan gelagapan nggak ngerti posisi inflasi provinsinya berada di angka berapa. Mana yang tinggi, mana yang pada posisi normal mana yang pada posisi rendah lihat,” ucap Jokowi.

Pos terkait