Terpukau! Pemerintah Resmikan Desain Uang Kertas Baru Tahun 2022

Ada 7 Rupiah Baru 2022, Uang Kertas yang Lama Bagaimana? (dok: economyokezonecom)

epanrita. net – Pemerintah dan Bank Indonesia secara resmi meluncurkan 7 uang kertas baru pada tahun 2022 yaitu Rupiah. Keberadaan mata uang baru tidak menggantikan mata uang lama. Artinya mata uang lama masih berlaku.

Bank Indonesia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (2022-08-18) bahwa “Uang Rupiah kertas yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran,”

Bacaan Lainnya

Desain uang kertas rupiah 2022 adalah sebagai berikut:

1. 100.000 rupiah

Foto utama depan: Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta Foto belakang: Tari Topeng Betawi, pemandangan alam Raja Ampat dan Bunga Anggrek Bulan.

2. 50.000 rupiah

Gambar utama bagian depan: Ir. H. Djuanda KartawidjajaGambar utama bagian belakang: Tari Legong, pemandangan alam Taman Nasional Komodo dan Bunga Jepun Bali.

3. 20.000 rupiah

Gambar utama bagian depan: Dr. G.S.S.J RatulangiGambar utama bagian belakang: Tari Gong, pemandangan alam Derawan dan Bunga Anggrek Hitam.

4. 10.000 rupiah

Gambar utama bagian depan: Frans KaisiepoGambar utama bagian belakang: Tari Pakarena, pemandangan Taman Nasional Wakatobi dan Bunga Cempaka Hutan Kasar

5. 5.000 rupiah

Gambar utama bagian depan: Dr. K.H Idham ChalidGambar utama bagian belakang: Tari Gambyong, Gunung Bromo dan Bunga Sedap Malam.

6. 2.000 rupiah

Gambar utama bagian depan: Mohammad Hoesni Thamrin

Gambar utama bagian belakang: Tari Piring, pemandangan alam Ngarai Sianok dan Bunga Jeumpa..

7. 1.000 rupiah

Gambar utama bagian depan: Tjut Meutia

Gambar utama bagian belakang: Bunga Anggrek Larat.

“Peluncuran uang Rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa. Kami ajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah, mari terus kita kobarkan optimisme, semangat kebangsaan, dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju,” ucap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara Peluncuran Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Jakarta, Kamis(18/8/2022).

Pos terkait