Dolar AS Tekuk Rupiah Kamis Pagi Ini, Mata Uang Garuda Melemah ke Rp14.785

Dolar AS Tekuk Rupiah Kamis Pagi Ini, Mata Uang Garuda Melemah ke Rp14.785 (Dok : msn com)

epanrita.net – Seperti dikutip dari Bloomberg, kurs rupiah dibuka melemah 50 poin ke level Rp14.741 per dolar AS pada perdagangan pagi ini. Sebelumnya, rupiah ditutup di level Rp14.668.

Penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah pada Kamis (18/8/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari data Bloomberg sekitar pukul 09.05 WIB, rupiah berada di level Rp 14.785.

Sebelumnya pada penutupan Selasa (16/8/2022), mata uang Garuda berada di level Rs 14.785.

Pengendali pasar modal Ibrahim Assuaibi, sebelumnya mengatakan, mengatakan bahwa fluktuasi nilai tukar dolar AS untuk mata uang lain, termasuk Rupiah, dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal.

Adapun faktor eksternal, dolar naik dibandingkan dengan mata uang lain pada hari Selasa karena penurunan suku bunga bank sentral yang tiba-tiba dan data produksi industri China yang jauh lebih lemah dari perkiraan.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang perlambatan permintaan, yang memicu kekhawatiran resesi.

Sebagai informasi lebih lanjut, data industri China lebih rendah dari yang diharapkan, naik 3,8% pada Juli 2022. Perkiraan sebelumnya mengatakan 4,6 persen, lebih rendah dari angka Juni sebesar 3,9 persen.

Data tersebut telah sangat menghambat pertumbuhan ekonomi tahun ini karena dampak penguncian Covid-19 di seluruh negeri.

Pasar China telah menderita sebagai akibatnya, sejumlah analis menurunkan prospek mereka untuk pertumbuhan ekonomi tahun ini,” ujar Ibrahim kepada Tribunnews.

Sementara untuk faktor internal, pelemahan Rupiah terpengaruh oleh sentiment bahwa pemerintah Indonesia merespons dengan cepat risiko krisis.

Pasalnya, pada September 2022, Indonesia diprakirakan akan menghadapi hiperinflasi dengan inflasi 10-12%, yang disebabkan oleh kenaikan laju harga pangan dan energi yang semakin memberatkan masyarakat.

Oleh karena itu, besok nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS pada esok akan mengalami fluktuasi di rentang Rp14.750 hingga Rp14.820.

Untuk perdagangan Kamis, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.750 hingga Rp14.820″.

Pos terkait