Rupanya Ini Alasan China Dibalik Pencetakan Uang Hingga Triliunan Yuan

Rupanya Ini Alasan China Dibalik Pencetakan Uang Hingga Triliunan Yuan (Dok : pakelikrt.blogspot com)

epanrita.net – China merupakan negara dengan ekonomi terbesar di dunia . Negeri Tirai Bambu dikenal cukup sering melakukan pencetakan uang dengan jumlah besar.

Dalam hal ini, tak jarang sebagian pihak mempertanyakan alasan China yang melakukan printing money dalam jumlah banyak. Apakah dengan mencetak lebih banyak uang membuat Beijing mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat?

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Investopedia, sebelumnya perlu diketahui bahwa jumlah uang yang beredar merupakan jumlah total uang yang ada di sebuah negara pada waktu tertentu. Volume jumlah uang yang beredar berpengaruh pada ketersediaan modal, inflasi, tingkat harga barang, hingga keseluruhan bisnis yang ada di negara terkait.

Pada kebijakan uang yang beredar, China menggunakan metode yang berbeda dengan negara lain. Sebagai ekonomi manufaktur dan ekspor, Beijing mengalami surplus perdagangan.

China lebih banyak menjual ke dunia daripada membeli. Pada teknisnya, eksportir China akan menerima pembayaran dalam dolar AS untuk ekspor. Akan tetapi, mereka menggunakan mata uang lokal, yuan atau Renminbi Tiongkok (RMB) untuk biaya operasional dan upah pekerjanya.

Akibatnya, pasokan dolar AS yang masuk memang besar. Namun, permintaan yuan pun juga tinggi. Sehingga nilai tukar yuan bisa naik terhadap dolar AS.

Pos terkait