Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Edukasi

Contoh Prota Dan Promes SMA Kurikulum 2013

52
×

Contoh Prota Dan Promes SMA Kurikulum 2013

Sebarkan artikel ini
Contoh Prota Dan Promes SMA Kurikulum 2013
Contoh Prota Dan Promes SMA Kurikulum 2013
Example 468x60

epanrita.net –Sistem pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, terutama terkait dengan kurikulum yang digunakan. Salah satu kurikulum yang saat ini masih digunakan adalah Kurikulum 2013. Kurikulum ini memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara utuh, yaitu aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dalam Kurikulum 2013, terdapat dokumen perencanaan pembelajaran yang harus disusun oleh guru, yaitu Prota dan Promes. Prota dan Promes ini menjadi penting karena akan menjadi acuan dalam proses belajar mengajar. Artikel ini akan membahas contoh Prota dan Promes SMA Kurikulum 2013.

Apa itu Prota dan Promes?

Prota dan Promes adalah singkatan dari Program Tahunan dan Program Semester. Prota merupakan rencana pembelajaran yang disusun untuk satu tahun ajaran penuh, sementara Promes adalah rencana pembelajaran untuk satu semester. Kedua dokumen ini harus disusun oleh guru untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan.

Example 300x600

Mengapa Prota dan Promes Penting?

Prota dan Promes menjadi penting karena akan menjadi panduan dalam proses pembelajaran. Dalam Prota, guru harus menentukan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian. Sementara dalam Promes, guru harus menentukan rincian dari Prota, yaitu tujuan pembelajaran per pertemuan, materi pembelajaran per pertemuan, metode pembelajaran per pertemuan, dan penilaian per pertemuan. Dengan adanya Prota dan Promes yang terstruktur dengan baik, proses belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien.

Contoh Prota dan Promes SMA Kurikulum 2013

Berikut adalah contoh Prota dan Promes untuk mata pelajaran Matematika di SMA Kurikulum 2013.

Prota

Identitas Mata Pelajaran

  • Nama Mata Pelajaran: Matematika
  • Kelas/Semester: X/1
  • Standar Kompetensi: Memahami dan menerapkan konsep bilangan real dan limit fungsi, serta mengenal operasi pada bilangan kompleks
  • Kompetensi Dasar:
No.Kompetensi DasarMateri Pembelajaran
1Menerapkan konsep bilangan realBilangan real, himpunan bilangan real, garis bilangan real, dan interval bilangan real
2Menerapkan limit fungsiDefinisi limit, limit fungsi aljabar, limit fungsi trigonometri, dan limit fungsi eksponensial
3Menjelaskan operasi pada bilangan kompleksDefinisi bilangan kompleks, operasi pada bilangan kompleks, bentuk polar, dan bentuk kartesius

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu menjelaskan konsep bilangan real dan limit fungsi
  • Peserta didik mampu menjelaskan operasi pada bilangan kompleks

Materi Pembelajaran

  1. Bilangan Real

Promes

Pertemuan 1

  • Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan pengertian bilangan real dan himpunan bilangan real
  • Materi Pembelajaran: Bilangan real, himpunan bilangan real, garis bilangan real, dan interval bilangan real
  • Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, diskusi
  • Penilaian: Tes tulis

Pertemuan 2

  • Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan definisi limit dan limit fungsi aljabar
  • Materi Pembelajaran: Definisi limit, limit fungsi aljabar
  • Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, diskusi
  • Penilaian: Tes tulis

Pertemuan 3

  • Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan limit fungsi trigonometri
  • Materi Pembelajaran: Limit fungsi trigonometri
  • Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, diskusi
  • Penilaian: Tes tulis

Pertemuan 4

  • Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan limit fungsi eksponensial
  • Materi Pembelajaran: Limit fungsi eksponensial
  • Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, diskusi
  • Penilaian: Tes tulis

Pertemuan 5

  • Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan definisi bilangan kompleks
  • Materi Pembelajaran: Definisi bilangan kompleks
  • Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, diskusi
  • Penilaian: Tes tulis

Pertemuan 6

  • Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menjelaskan operasi pada bilangan kompleks
  • Materi Pembelajaran: Operasi pada bilangan kompleks, bentuk polar, dan bentuk kartesius
  • Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, diskusi
  • Berikut adalah 6 contoh Prota dan Promes untuk SMA Kurikulum 2013:

    1. Mata Pelajaran:
      Matematika Kelas: X PROTA:
      a. Kompetensi Inti: Mengembangkan kemampuan penalaran, representasi, dan komunikasi matematis.
      b. Kompetensi Dasar: Memahami nilai mutlak, eksponen, dan logaritma.
      PROMES: a. Mengenal dan memahami konsep nilai mutlak, eksponen, dan logaritma. b. Mampu menghitung operasi bilangan berpangkat dan bilangan pecahan berpangkat. c. Mampu menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep nilai mutlak, eksponen, dan logaritma.
    2. Mata Pelajaran:
      Fisika Kelas:XI PROTA: a. Kompetensi Inti: Mengembangkan kemampuan kognitif dan psikomotorik dalam memahami konsep fisika. b. Kompetensi Dasar: Menganalisis konsep listrik dinamis dan elektromagnetik. PROMES: a. Mampu menjelaskan konsep arus listrik dan hukum Ohm. b. Mampu menghitung daya listrik dan energi listrik. c. Mampu mengaplikasikan konsep medan magnet pada masalah fisika.
    3. Mata Pelajaran:
      Biologi Kelas: X PROTA: a. Kompetensi Inti: Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam memahami konsep biologi. b. Kompetensi Dasar: Menjelaskan konsep keanekaragaman hayati dan ekosistem. PROMES: a. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar. b. Mampu menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem. c. Mampu mengembangkan model kelestarian lingkungan.
    4. Mata Pelajaran:
      Sejarah Kelas: XI PROTA: a. Kompetensi Inti: Meningkatkan pemahaman sejarah dan kaitannya dengan perkembangan masyarakat. b. Kompetensi Dasar: Menjelaskan konsep dan perkembangan ideologi di dunia. PROMES: a. Mampu menjelaskan konsep ideologi dan perkembangannya di dunia. b. Mampu mengidentifikasi kebudayaan politik dalam masyarakat. c. Mampu menganalisis peristiwa sejarah yang berkaitan dengan ideologi.
    5. Mata Pelajaran:
      Sosiologi Kelas: XII PROTA: a. Kompetensi Inti: Meningkatkan pemahaman sosial dan kaitannya dengan perkembangan masyarakat. b. Kompetensi Dasar: Menjelaskan konsep dan teori sosial dalam masyarakat. PROMES: a. Mampu menjelaskan konsep dan teori sosial dalam masyarakat. b. Mampu mengidentifikasi peran kelompok sosial dalam masyarakat.
    1. Mata Pelajaran:
      Bahasa Inggris Kelas: X PROTA: a. Kompetensi Inti: Meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris secara efektif dan efisien. b. Kompetensi Dasar: Menerapkan tata bahasa dan kosakata bahasa Inggris secara benar. PROMES: a. Mampu menggunakan tenses dengan benar pada kalimat-kalimat sederhana. b. Mampu memahami kosakata umum dan kosakata khusus yang berkaitan dengan topik tertentu. c. Mampu menulis teks pendek sederhana dengan tata bahasa yang benar.

Kesimpulan

Prota dan Promes adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Dalam Kurikulum 2013, Prota dan Promes harus disusun oleh guru untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan. Dengan adanya Prota dan Promes yang terstruktur dengan baik, proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efisien.

FAQs

  1. Apa itu Prota dan Promes?
  • Prota dan Promes adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang harus disusun oleh guru untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan dalam Kurikulum 2013.
  1. Apa tujuan dari Prota dan Promes?
  • Prota dan Promes bertujuan untuk menjadi panduan dalam proses pembelajaran agar proses tersebut lebih efektif dan efisien.
  1. Bagaimana cara menyusun Prota dan Promes?
  • Guru harus menentukan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian dalam Prota. Sementara dalam Promes, guru harus menentukan rincian dari Prota, yaitu tujuan pembelajaran per pertemuan, Materi pembelajaran per pertemuan, metode pembelajaran, dan penilaian yang akan dilakukan.
  1. Apa manfaat dari menyusun Prota dan Promes dengan baik?
  • Manfaat dari menyusun Prota dan Promes dengan baik adalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan efisiensi waktu dalam proses belajar mengajar.
  1. Apa saja materi yang harus disampaikan dalam Promes matematika SMA Kurikulum 2013?
  • Beberapa materi yang harus disampaikan dalam Promes matematika SMA Kurikulum 2013 antara lain bilangan real, himpunan bilangan real, limit fungsi aljabar, limit fungsi trigonometri, limit fungsi eksponensial, bilangan kompleks, dan operasi pada bilangan kompleks.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *