Waspada! Penyakit Cacar Monyet Ternyata Lebih Rentan Menyerang Anak Kecil

Waspada! Penyakit Cacar Monyet Ternyata Lebih Rentan Menyerang Anak Kecil (Doc, Liputan6 com)

epanrita.net – Orang Tua Harus Lebih Waspada, karena Penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox Ternyata Lebih Rentan Menyerang Anak Kecil, Simak Ulasan Selengkapnya Disini

Monkeypox atau cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet, penyakit zoonosis dan sangat menular. Sangat penting untuk memantau orang yang berisiko karena sifat virus yang menular.

Bacaan Lainnya

Orang tua, mereka dengan sistem kekebalan yang lemah, dan anak-anak rentan terhadap infeksi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan berikut ini mengenai tingkat keparahan infeksi pada anak-anak, “Kasus parah lebih sering terjadi pada anak-anak dan terkait dengan tingkat paparan virus, status kesehatan pasien, dan sifat komplikasi.”

Ini juga memberikan data tentang rasio fatalitas kasus: “Rasio fatalitas kasus cacar monyet secara historis berkisar antara 0 hingga 11% pada populasi umum dan lebih tinggi di antara anak-anak. Belakangan ini, rasion kematian kasus sekitar 3-6%.”

Tidak  hanya WHO, beberapa lembaga kesehatan lainnya telah memperingatkan komplikasi cacar monyet dan tingkat keparahan pada anak-anak.

Di Amerika Serikat, di mana infeksi telah mengambil bentuk yang lebih besar, lebih banyak anak yang terinfeksi baru-baru ini.

Sesuai laporan yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Child and Adolescent Health, “Dibandingkan dengan orang dewasa yang sehat, komplikasi lebih sering terjadi pada anak-anak dan orang-orang dengan gangguan kekebalan, dengan peningkatan risiko superinfeksi bakteri, sepsis, keratitis, komplikasi pernapasan karena abses faring dan pneumonia, atau ensefalitis.”

Gejala infeksi cacar monyet

Gejala awal infeksi cacar monyet mirip dengan flu. Gejala umum yang harus diwaspadai pada anak adalah demam, sakit kepala parah, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri punggung,  nyeri otot, perasaan lesu dan ruam.

Dalam 1-3 hari demam, pasien mungkin mengalami ruam yang disebabkan oleh infeksi cacar monyet. Ruam dapat terlihat pada selaput lendir mulut, telapak tangan, dan telapak kaki, serta pada alat kelamin.

Ruam berkembang secara berurutan dari makula (lesi dengan dasar datar) hingga papula (lesi keras yang sedikit terangkat), vesikel (lesi berisi cairan bening), pustula (lesi berisi cairan kekuningan), dan krusta yang mengering dan rontok.

Jumlah hama bervariasi dari hanya beberapa saja sampai ribuan. Pada kasus yang parah, lesi dapat menyatu sampai sebagian besar kulit terkelupas.

Cara agar anak Anda aman dari cacar monyet

Untuk menjaga anak Anda aman dari infeksi cacar monyet. Jagalah tempat yang sering dikunjungi anak.

Jangan meninggalkan area yang biasanya dicapai dalam keadaan tidak bersih. Jika pasien menderita cacar monyet di lingkungan sekitar atau di rumah, ajari anak Anda untuk menjaga jarak fisik dan untuk menutupi mulut serta hidungnya.

Selain itu juga, ajari anak Anda untuk mencuci tangan secara teratur untuk mengurangi risiko infeksi mulut.

Pos terkait