Cara Antisipasi Deteksi Risiko Kanker pada Remaja Menurut Ilmuwan Australia

Cara Antisipasi Deteksi Risiko Kanker pada Remaja Menurut Ilmuwan Australia (Doc, Kompas Health)

epanrita.net – Para Ilmuwan Australia Berhasil Menemukan cara untuk Mengantisipasi Deteksi Risiko Kanker pada Anak Muda, Simak Ulasan Selengkapnya Disini.

Sebuah proyek kerjasama nasional yang dipimpin oleh Universitas Monash Australia telah menemukan cara antisipasi dan mendeteksi peningkatan risiko beberapa jenis kanker atau penyakit jantung pada anak muda melalui tes DNA air liur secara gratis.

Bacaan Lainnya

Proyek tersebut, yang diumumkan pada hari Minggu, diklaim sebagai studi skrining DNA pertama di dunia untuk risiko tersebut.

Dikutip dari laman Xinhua, Senin (22/8/2022), temuan ini dapat mengungkapkan setidaknya 10.000 orang berusia antara 18-40 tahun dengan gen yang berisiko terkena kanker dan penyakit jantung tertentu, termasuk mutasi DNA pada gen BRCA1 dan BRCA2 dan kondisi risiko Sindrom Lynch.

Peserta harus mendaftar di situs web, menempatkan sampel air liur dalam tabung kecil yang mereka terima melalui pos, dan mengirimkannya kembali untuk diuji.

“Menyediakan pengujian genetik berdasarkan riwayat keluarga saja tidak cukup. Hingga 90 persen dari mereka yang berisiko tinggi pada populasi umum tidak diidentifikasi oleh pengujian berbasis riwayat keluarga saat ini,” kata pemimpin proyek, Associate Professor Paul Lacaze dari Monash University.

Para peneliti mengatakan mutasi DNA pada gen BRCA1 dan BRCA2 dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium herediter pada wanita.

Meskipun tidak berinteraksi kuat dengan pria, itu masih terkait dengan kanker payudara dan prostat pada pria, dan orang tua dengan tipe ini dapat menularkannya kepada anak-anak mereka juga.

Lynch Syndrome

Lynch Syndrome adalah kondisi lain yang meningkatkan risiko kanker kolorektal, kanker endometrium, dan kanker gastrointestinal lainnya.

Akan  tetapi, para peneliti telah menunjukkan bahwa intervensi dini dapat digunakan untuk mengurangi risiko dua kondisi terkait kanker. Ini termasuk pemeriksaan tahunan yang dimulai pada usia 30 tahun dan opsi bedah untuk mengurangi risiko.

Pos terkait