Beberapa Hal Ini Bisa Dilakukan Untuk Menghindari Kantuk Saat Berkendara

Beberapa Hal Ini Bisa Dilakukan Untuk Menghindari Kantuk Saat Berkendara (Dok : rajatransit com)

epanrita.net – Rasa ngantuk sering dialami sebagian pengendara motor saat berkendara di jalan raya. Terlebih saat berkendara di malam hari dan harus menempuh perjalanan cukup jauh.

Mengemudi menjadi kegiatan yang cukup melelahkan, terlebih saat harus menempuh jarak ratusan kilometer melintas di jalan tol.

Ini bisa menyebabkan kelelahan dan rasa kantuk. Saat rasa kantuk terlalu lama diabaikan, akan meningkatkan potensi kecelakaan akibat microsleep.

Bahaya yang ditimbulkan saat mengemudi dalam keadaan mengantuk ialah menyebabkan kecelakaan tunggal.

Saat pengemudi mulai mengantuk, fokus mengemudi akan perlahan menghilang dan berakibat mengalami microsleep hingga terjadi kecelakaan tunggal.

Sebagai informasi, microsleep adalah keadaan pengemudi mobil tertidur singkat dalam durasi hitungan 4 hingga 10 detik.

Dalam durasi yang singkat tersebut, pengemudi mobil akan kehilangan kendali dan tentu saja hal ini akan sangat berbahaya, tidak hanya bagi pengemudi itu sendiri, namun juga penumpang lainnya,” tutur Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara.

Selain kecelakaan tunggal, bahaya mengemudi mobil dalam keadaan mengantuk ialah mengakibatkan kecelakaan beruntun.

Untuk menghindari mengemudi dalam posisi kantuk menyerang, Auto2000 membagikan tiga hal yang bisa menjadi referensi mengatasi kantuk, berikut Tribunnews.com rangkum :

Pos terkait