Awas! Mencuri Karya di Dunia Maya Dapat Diproses Hukum

Mau Mengambil Karya di Internet? Hati-Hati karena Bisa Dipidana (dok: edukasiokezonecom)

epanrita. net – Dunia telah berkembang dengan pertumbuhan media digital. Mulai dari elektronik hingga internet. Mencari informasi terbaru sangatlah mudah.

Kita hanya dapat melakukan ini melalui ponsel. Namun hal ini tetap saja disalahgunakan untuk hal-hal negatif yang secara tidak langsung dapat merugikan orang lain.

Menemukan referensi dalam karya diperbolehkan, tetapi plagiarisme tidak. Mengapa? mari bahas di sini.

Pelanggaran Hak Cipta Digital, Karya yang melanggar hak cipta umumnya mencakup musik, film, perangkat lunak, basis data, karya sastra, buku, sains, foto, dll.

Kita sering mendengar tentang berita hak cipta. Yang terjadi melalui kecurangan adalah reproduksi, distribusi, dan reproduksi karya.

Bentuk-bentuk penyalinan adalah pencetakan, penyalinan, pemindaian, pengunduhan dari Internet, pengunggahan ke Internet, penyalinan digital seperti CD dan DVD, dan penyimpanan elektronik dalam basis data.

Hal ini tentunya memiliki dampak positif dan negatif ketika mengunggah karya ke internet.

Dampak positifnya adalah tersedianya banyak kreasi dalam format buku digital, musik, film, CD, DVD, DVD, MP3, MP4, mudahnya inovasi ditransformasikan dan dimasukkan ke dalam kreasi baru, dan mudahnya kreasi bajak laut diciptakan. Sangat mudah untuk mempublikasikan kreasi Anda secara online.

Efek negatifnya antara lain mudahnya menyalin karya tanpa izin pencipta, sulit melacak pelanggar hak cipta di Internet, melanggar hak ekonomi dan moral pencipta, dan merusak industri hak cipta.

Pos terkait