Orang Tua Tidak Boleh Gaptek Demi Keamanan Anak, Ini Alasan Psikolog Mengenai Hal Itu

Orang Tua Tidak Boleh Gaptek Demi Keamanan Anak, Ini Alasan Psikolog Mengenai Hal Itu (Dok : gaptek eu)

epanrita.net – Ruang digital merupakan ruang terbuka dan bebas bagi anak-anak. Mereka merasa bisa bereksplorasi dan bertemu orang-orang baru

Orang tua saat ini khawatir tentang jumlah informasi yang beredar di Internet. Sayangnya, banyak orang tua yang masih berada di luar jangkauan Internet. Padahal, orang tua tidak boleh gagap dengan teknologi alias gaptech.

Hal ini diumumkan oleh Psikolog Klinis dan CEO Dear Astrid, Dra Astrid Regina Sapiie. Orang tua harus terus mengikuti perkembangan teknologi untuk memahami dan mengikuti perkembangan anak.

Jangan bilang-bilang dirimu gaptek karena anak-anak pegang sosial media. Kalau anak remaja dan tidak ingin anaknya ‘hilang’, dalam artian anaknya tidak percaya sama mereka karena gaptek,” ujarnya pada siaran Radio Sonora FM, Rabu (17/8/2022).

Anak itu dapat bergabung dengan remaja lainnya. Dan dikhawatirkan orang tua tidak dapat memantau perkembangan anak jika terus-menerus gaptek.

Karenanya ia menyarankan untuk ikut dan bergabung. Serta menghayati dunia yang ada di masa anak-anak sekarang ini.

Buka mata, apa yang ada di depan mata kita. Zaman anak muda saat ini perlunya apa yang di lapangan bukan di teori,” ungkap Astrid lagi.

Selain itu, orang tua dapat menyediakan ruang bagi teman-teman anaknya untuk berkumpul. Jangan lupa untuk menawarkan hiburan seperti televisi atau Internet.

Sehingga membuat anak-anak merasa betah di rumah sendiri, orang tua dapat dengan mudah mengawasi anak-anak.

Sediakan jejaring atau televisi. Mungkin ada komputer yang bisa dipakai bersama-sama. Dengan anak anak di rumah, orang tua bisa tahu perkembangan dan perbincangan anak,” ungkapnya lagi.

Keuntungan lain yang yang bisa didapatkan sebagai orang tua yaitu bisa dekat dengan teman-teman anak mereka. Selain itu, jika bisa menjadi tempat obrolan, orang tua tidak perlu lagi khawatir karena anaknya sudah tahu cara berkomunikasi secara sosial.

Orang tua yang mengikuti pertumbuhan anak-anak mereka saat ini dapat menjadi tempat untuk bercerita. Oleh karena itu, orang tua dapat mengetahui dunia nyata anak-anak mereka.

Pos terkait