Situasi Museum Wayang yang Dulunya Hancur Karena Gempa

Situasi Museum Wayang Yang Dulunya Hancur Karena Gempa ( Dok. Trip com )

Museum Wayang merupakan salah satu museum yang dikelola oleh Kementerian Kebudayaan DKI Jakarta. Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki beragam koleksi wayang dari dalam dan luar negeri.

Cakupan luar negeri meliputi wayang dari negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan Myanmar. serta Cina, India, Prancis dan bahkan Suriname.

Bacaan Lainnya

Museum Wayang memiliki sejarah yang panjang hingga menjadi seperti sekarang ini. Melalui situs resmi Museum Wayang dan Antara, yang semula merupakan gereja bernama de Oude Holandsche Kerk, didirikan pada tahun 1640. Kemudian pada tahun 1732 gedung tersebut diperbaiki dan diganti namanya menjadi de Nieuw Holandsche Kerk.

Bangunan tersebut juga hancur total akibat gempa. Lalu pada tahun 1939 gedung ini diubah menjadi museum oleh Stichting Oud Batavia (Lembaga Batavia Lama) yang diberi nama Oude Bataviasche Museum.

Selepas Indonesia merdeka, bangunan tersebut diserahkan kepada Pusat Kebudayaan Indonesia. Setelah itu, gedung tersebut dipindahkan ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1962. Pada tahun 1970, bangunan ini digunakan sebagai kediaman resmi walikota Jakarta Barat.

Museum Wayang didirikan pada 13 Agustus 1975 oleh Gubernur DKI Ali Sadikin. Bangunan tersebut telah diubah menjadi  Museum Wayang untuk mempertahankan budaya asli Indonesia tersebut.

Museum ini bekerja sama dengan Suku Dinas Kementerian Pendidikan Jakarta (Sudin). Melalui kerjasama ini, mereka mengajak anak-anak sekolah untuk mengunjungi tempat tersebut.

Menurut informasi dari seorang pemandu Museum Wayang bernama Irfan, banyak orang terkejut saat pertama kali mengunjungi museum, terutama koleksi yang dipamerkan.

Tak Hanya Pulau Jawa

Irfan juga mengatakan, banyak pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi museum tersebut, baru mengetahui bahwasannya wayang tersebut bukan hanya berasal dari Pulau Jawa, akan tetapi banyak juga yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Sebagian besar wayang kulit Indonesia berasal dari Jawa, tetapi ada juga wayang dari Palembang, Banjarmasin, Bali dan Lombok. Wayang merupakan pementasan yang merangkum nilai-nilai filosofis kehidupan manusia yang dibalut dalam bentuk atraksi, didikan, dan sistem.

Saat kita memasuki museum tersebut, kita bisa merasakan suasana klasik dengan latar suara gamelan. Museum Wayang memiliki total 6.800 koleksi wayang per data Juni tahun 2022.

Pos terkait