Contoh Surat Perjanjian Siswa Bermasalah

Contoh Surat Perjanjian Siswa Bermasalah
Contoh Surat Perjanjian Siswa Bermasalah

epanrita.net – Apabila seorang siswa sering melakukan pelanggaran di sekolah, maka sekolah harus menangani masalah tersebut dengan tepat dan efektif. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan membuat surat perjanjian siswa bermasalah. Surat perjanjian ini bertujuan untuk menyampaikan konsekuensi dan tindakan yang akan diambil apabila siswa tersebut terus melakukan pelanggaran di sekolah. Berikut ini adalah contoh surat perjanjian siswa bermasalah.

Pendahuluan

Siswa yang sering melakukan pelanggaran di sekolah dapat mengganggu proses belajar mengajar dan mempengaruhi prestasi akademik siswa lainnya. Oleh karena itu, sekolah perlu mengambil tindakan untuk menangani masalah tersebut agar tidak berdampak negatif pada siswa lainnya. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan membuat surat perjanjian siswa bermasalah.

Pengertian Surat Perjanjian Siswa Bermasalah

Surat perjanjian siswa bermasalah adalah surat perjanjian yang dibuat antara sekolah dan siswa yang sering melakukan pelanggaran di sekolah. Surat perjanjian ini berisi kesepakatan antara sekolah dan siswa tentang konsekuensi dan tindakan yang akan diambil apabila siswa tersebut terus melakukan pelanggaran di sekolah.

Tujuan Surat Perjanjian Siswa Bermasalah

Tujuan utama surat perjanjian siswa bermasalah adalah untuk memberikan pengertian kepada siswa tentang konsekuensi dan tindakan yang akan diambil apabila siswa tersebut terus melakukan pelanggaran di sekolah. Surat perjanjian ini juga bertujuan untuk menghindari siswa yang melakukan pelanggaran yang sama berulang kali dan memperbaiki perilaku siswa tersebut.

Manfaat Surat Perjanjian Siswa Bermasalah

Manfaat dari surat perjanjian siswa bermasalah adalah:

  1. Membuat siswa memahami konsekuensi dan tindakan yang akan diambil apabila mereka terus melakukan pelanggaran di sekolah.
  2. Mendorong siswa untuk memperbaiki perilaku mereka agar tidak melakukan pelanggaran lagi.
  3. Menjaga disiplin dan keamanan di lingkungan sekolah.
  4. Mencegah siswa lain terganggu dengan perilaku siswa yang bermasalah.

Contoh Surat Perjanjian Siswa Bermasalah

Kepada Yth. Siswa/Siswi yang Bersangkutan

Dalam rangka meningkatkan disiplin dan tata tertib di sekolah, pihak sekolah menindaklanjuti tindakan siswa yang sering melakukan pelanggaran di sekolah. Siswa yang bersangkutan telah diberikan beberapa peringatan namun masih tetap melakukan pelanggaran di sekolah.

Maka, untuk menghindari hal yang sama terulang kembali dan memberikan pengertian yang lebih jelas kepada siswa, maka pihak sekolah membuat surat perjanjian siswa bermasalah. Berikut ini adalah kesepakatan yang telah disepakati antara pihak sekolah dan siswa.

I. Konsekuensi Pelanggaran

  1. Apabila siswa tetap melakukan pelanggaran di sekolah, maka siswa akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah.
  2. Pihak sekolah berhak memberikan peringatan atau tindakan lainnya kepada siswa yang melakukan pelanggaran di sekolah.
  3. Apabila siswa tetap melakukan pelanggaran yang sama dalam waktu kurang dari tiga bulan setelah penandatanganan surat perjanjian ini, maka pihak sekolah berhak memberikan sanksi yang lebih berat sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah.

II. Tindakan yang Akan Dilakukan Oleh Siswa

  1. Siswa harus mentaati aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
  2. Siswa harus mampu memperbaiki perilaku dan tindakan yang melanggar aturan di sekolah.
  3. Siswa harus mampu menunjukkan perilaku yang baik dan menjadi teladan bagi siswa lain di sekolah.

III. Kesepakatan Bersama

  1. Siswa menyatakan telah memahami konsekuensi dan tindakan yang akan diambil apabila siswa tetap melakukan pelanggaran di sekolah.
  2. Siswa menyatakan akan mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
  3. Siswa menyatakan akan berusaha memperbaiki perilaku dan tindakan yang melanggar aturan di sekolah.
  4. Pihak sekolah akan memberikan bimbingan dan sanksi yang sesuai apabila siswa tetap melakukan pelanggaran di sekolah.

IV. Penandatanganan Surat Perjanjian

Siswa dan orang tua/wali siswa yang bersangkutan menyetujui kesepakatan di atas dan telah menandatangani surat perjanjian ini pada tanggal dan waktu yang tertera di bawah ini.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Mohon kesediaan siswa untuk mematuhi kesepakatan yang telah dibuat.

Hormat kami,

[PIHAK SEKOLAH]

[TEMPOAT, TANGGAL PENANDATANGANAN]

[SISWA]

[ORANG TUA/WALI SISWA]

Tahapan Pembuatan Surat Perjanjian Siswa Bermasalah

Berikut ini adalah tahapan pembuatan surat perjanjian siswa bermasalah yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah:

  1. Identifikasi siswa yang sering melakukan pelanggaran di sekolah.
  2. Lakukan pembicaraan dengan siswa dan orang tua/wali siswa yang bersangkutan untuk membahas masalah yang sedang dihadapi.
  3. Buat kesepakatan bersama antara pihak sekolah, siswa, dan orang tua/wali siswa mengenai konsekuensi pelanggaran, tindakan yang akan dilakukan oleh siswa, dan kesepakatan bersama.
  4. Setelah kesepakatan disepakati, buat surat perjanjian siswa bermasalah yang memuat konsekuensi pelanggaran, tindakan yang akan dilakukan oleh siswa, dan kesepakatan bersama.
  5. Berikan surat perjanjian kepada siswa dan orang tua/wali siswa untuk ditandatangani sebagai bukti kesepakatan.
  6. Simpan surat perjanjian ini sebagai dokumen penting yang dapat dijadikan acuan apabila terjadi pelanggaran di sekolah.

Kesimpulan

Dengan adanya surat perjanjian siswa bermasalah, diharapkan siswa dapat lebih memahami konsekuensi dari tindakan yang dilakukannya di sekolah. Selain itu, surat perjanjian ini juga dapat menjadi bentuk kesepakatan bersama antara pihak sekolah, siswa, dan orang tua/wali siswa untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih baik dan kondusif.

Sebagai siswa, mari kita jadikan surat perjanjian ini sebagai motivasi untuk lebih memperbaiki perilaku dan tindakan kita di sekolah agar menjadi siswa yang disiplin, berbudi pekerti baik, dan dapat menjadi teladan bagi siswa lain di sekolah.

FAQs

  1. Apa yang harus dilakukan jika saya melanggar kesepakatan yang telah dibuat di surat perjanjian siswa bermasalah? Jawab: Siswa yang melanggar kesepakatan akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah.
  2. Apa saja konsekuensi pelanggaran yang dapat diterima siswa sesuai dengan surat perjanjian ini? Jawab: Konsekuensi pelanggaran yang dapat diterima siswa adalah peringatan atau tindakan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sekolah.
  3. Apakah orang tua/wali siswa juga harus menandatangani surat perjanjian ini? Jawab: Ya, orang tua/wali siswa juga harus menandatangani surat perjanjian ini sebagai bentuk kesepakatan bersama.
  4. Apakah surat perjanjian siswa bermasalah hanya berlaku untuk siswa yang sering melakukan pelanggaran di sekolah? Jawab: Ya, surat perjanjian ini khusus dibuat untuk siswa yang sering melakukan pelanggaran di sekolah.
  5. Apakah surat perjanjian siswa bermasalah hanya berlaku untuk sekolah tertentu saja? Jawab: Ya, surat perjanjian ini berlaku untuk siswa di sekolah yang membuat perjanjian ini.

Pos terkait