Tiga Cara untuk Penguatan Industri Keuangan Non Bank yang Mudah Dipahami

Tiga Cara untuk Penguatan Industri Keuangan Non Bank yang Mudah Dipahami (Doc, Bareksa)

epanrita.net – Tiga Langkap yang Mudah untuk Dipahami mengenai Penguatan Industri Keuangan Non Bank Dimasa Sekarang ini, Simak Ulasan Selengkapnya Disini.

Berbagai risiko dan ketidakpastian yang muncul saat ini menjadi peringatan bagi kita semua tentang pentingnya penguatan pengawasan untuk mewujudkan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yang profesional dan amanah. sehingga mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, perlu disadari bersama bahwa mekanisme pengawasan yang optimal memerlukan kerjasama seluruh stakeholder, seperti peserta internal IKNB, dukungan lembaga profesi penunjang dan asosiasi industri, serta OJK sebagai regulator di sektor jasa keuangan.

Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK, berharap sinergi dan kerja sama antara OJK dengan pelaku industri, organisasi profesi, dan asosiasi industri akan membentuk tiga lines of defense dimana mereka dapat bekerja sama secara optimal untuk menjaga sektor IKNB nasional. Dapat tumbuh dengan kualitas tinggi dan semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Layer pertama adalah penguatan internal perusahaan, terutama dalam penerapan tata kelola dan manajemen risiko yang efektif. Penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik merupakan salah satu pilar utama sebagai landasan untuk memastikan keberlanjutan usaha perusahaan dalam jangka panjang.

“Penerapan manajemen risiko yang efektif juga dibutuhkan agar perusahaan senantiasa agile dengan bersikap proaktif dalam mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang dan berpotensi mengganggu going concern perusahaan,” kata Ogi dikutip dari keterangan OJK, Senin (22/8/2022).

Menurutnya, penguatan internal yang berfokus pada dua aspek tersebut memastikan seluruh proses bisnis internal perusahaan dijalankan secara bijaksana dengan didukung mekanisme check and balance yang baik.

Hal ini menciptakan mekanisme untuk memastikan bahwa semua operasi bisnis sehari-hari perusahaan selalu dilakukan sesuai dengan prosedur operasi internal standar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Layer Kedua dan ketiga

Layer kedua adalah dukungan lembaga profesi penunjang dan asosiasi industri. Lembaga profesi penunjang diharapkan dapat beroperasi lebih profesional dan independen sesuai dengan standar etika dan praktik terbaik untuk mendukung pertumbuhan industri keuangan non bank.

Pos terkait