Gawat! BBM Akan Naik Timbul Penyebab Permasalahan Inflasi

Harga BBM Diisukan Naik, Begini Dampak yang Akan Ditimbulkan (dok: inewsid)

epanrita. net – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) minggu depan. Hal ini dilakukan pemerintah untuk mengurangi beban subsidi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Terkait hal itu, Piter Abdullah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, mengatakan rencana menaikkan harga minyak sangat berisiko dengan kondisi saat ini. Hal ini akan berdampak pada inflasi yang lebih tinggi.

Bacaan Lainnya

“Terlalu besar risiko dari kenaikan harga BBM subsidi. Kenaikan BBM subsidi berapapun besarnya akan memicu lonjakan inflasi,” kata Piter kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (19/8/2022).

Piter menambahkan, kenaikan inflasi akan melemahkan daya beli masyarakat yang mulai membaik sehingga menghambat proses pemulihan ekonomi Indonesia.

Menurut dia, menaikkan harga BBM bukanlah solusi yang tepat. Sementara itu, meski ada kenaikan subsidi, pemerintah mendapat tambahan pendapatan dari inflasi.

Dia menjelaskan, pemerintah hanya perlu memperbaiki mekanisme pengisian untuk mengurangi konsumsi BBM bersubsidi.

“Untuk mengurangi beban anggaran subsidi pemerintah tidak perlu menaikkan harga BBM subsidi. Pemerintah bisa membatasi konsumsi BBM subsidi dengan memperbaiki mekanisme distribusinya agar lebih tepat sasaran. Itu alternatif solusinya,” katanya.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Jokowi akan mengumumkan kenaikan harga minyak pada pekan depan. Menurut dia, Jokowi mengatakan pemerintah tidak bisa mengikuti harga Solar dan Pertalite saat ini.

“Itu modelling ekonominya saya kira sudah dibuat, nanti mungkin minggu depan Presiden akan mengumumkan mengenai apa, bagaimana, mengenai kenaikan harga ini. Jadi Presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan terus demikian, karena kita harga BBM termurah se-kawasan ini. Kita jauh lebih murah dari yang lain dan itu beban terlalu besar kepada APBN kita,” kata Luhut dalam acara Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat (19/8/2022).

Pos terkait