Ungkap Profil Asli Pemilik Indomaret, yang Tokonya ada di Seluruh Indonesia

Ungkap Profil Asli Pemilik Indomaret, yang Rukonya ada di Seluruh Indonesia (Dok : tribunnewswiki com)

epanrita.net – Siapa pemilik indomaret? Banyak orang penasaran dengan hal tersebut. Pasalnya, Indomaret merupakan minimarket yang hampir ada di setiap wilayah.

Kehadiran gerai minimarket Indomaret sudah sangat dikenal oleh kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya sebaran gerai-gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Melansir situs resmi indomaret.co.id, pada Maret 2022 saja, terdapat 19.891 gerai Indomaret di Indonesia. Sehingga, tak heran hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal dan pernah mendatangi raksasa minimarket itu.

Namun siapa sih sosok pemilik di balik besarnya bisnis minimarket Indomaret?

Diketahui bahwa jaringan minimarket Indomaret tersebut dimiliki oleh salah seorang taipan Indonesia, Anthoni Salim.

Anthoni Salim merupakan orang di balik besarnya perusahaan jaringan retail Indomaret. Selain itu di juga merupakan sosok di balik besarnya bisnis mie instan Indofood, salah satu produsen mie instan Indomie terbesar di Tanah Air.

Berdasarkan laporan dari Forbes, Anthoni Salim dan Keluarga memiliki total kekayaan hingga US$ 8,5 miliar atau setara dengan Rp 127,5 triliun (berdasarkan kurs dolar saat ini, Rp 15.000/dolar AS). Tak heran maka Anthoni Salim merupakan pemilik Indomaret.

Berkat itu, Anthoni Salim dan Keluarga sekarang ini berada di posisi ke-3 dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes, tepat berada di bawah R. Budi & Michael Hartono; dan keluarga Widjaja.

Anthoni sendiri merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong atau Om Liem, seorang taipan yang selama puluhan tahun sangat dekat dengan presiden Suharto. Berkat Om Liem lah Indomie ada.

Pada tahun 1998, tepat setelah Presiden Suharto dilengserkan dari kekuasaannya, keluarga Salim sempat kehilangan kendali mereka pada Bank Central Asia (bank BCA).

Meski demikian, saat ini Anthoni Salim sendiri tengah mengepalai Grup Salim, dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi.

Tidak hanya itu, keluarga Salim memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hong Kong, First Pacific, yang memiliki aset sebesar US$ 27 miliar di enam negara.

Saat ini produk Indomie besutan keluarga Salim menjadi mie instant paling populer di Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Produk Indomie juga dijual di Indomaret.

Pos terkait