Amartha

Bunga 2% per bulan
Gaji minimum Rp 3 juta / bulan
Usia paling min 24 tahun
Promo pinjaman online dengan potongan angsuran dari Amartha 2021

Amartha: Pinjam Langsung Dari Investor

Amartha Mikro Fintek atau lebih dikenal dengan nama Amartha adalah sebuah platform pelayanan finansial yang sudah beroperasi sejak 2010 dan mendapatkan izin resmi dari OJK. Hari ini, Amartha menjadi sebuah lembaga yang menjadi penghubungan antara pengusaha mikro dan pemilik modal atau pemberi pinjaman. Apakah Anda tertarik untuk investasi di lembaga yang berdiri dengan nama PT Amartha Mikro Fintek? Jika ya, cobalah simak fakta mengenai Amartha berikut.

Cara Daftar Amartha Melalui Aplikasi

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai investor atau lender melalui aplikasi Amartha hanya dengan melengkapi data seperti KTP dan nomor rekening bank. Setelah Amartha mengkonfirmasi, maka Anda sudah secara resmi tergabung sebagai lender di Amartha. Selanjutnya, Anda bisa memilih sendiri calon peminjam melalui marketplace PT. Amartha. Di sini, perlunya Anda sebagai lender menimbang risiko dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi investree syariah

Kelebihan dari Amartha yaitu, Anda sebagai lender bisa bertemu dengan calon peminjam bersama tim lapangan yang bertugas melakukan pelanyanan mingguan. Dengan adanya pertemuan ini, Anda tentu bisa mempertimbangkan dengan baik kelayakan calon peminjam Anda. Setelah Anda menentukan peminjam modal, maka Anda dapat melakukan transfer uang.

Bank yang digunakan transaksi biasanya Bank BCA dan Bank Mandiri. Kedua bank tersebut akan memberikan nomor Virtual Account kepada pemberi pinjaman yang terverifikasi. Sehingga akan menjamin keamanan, transparansi dan akuntabel dari transaksi yang dilakukan. Pinjaman Amartha pun akan aman tiba di rekening peminjam modal.

Macam dan Risiko Pinjaman Amartha

Pinjaman di Amartha 2021 hanya ada dua jenis berdasarkan tenor pinjaman, yakni 25 minggu dan 50 minggu. Sebagai lender, Anda perlu memperhatikan bahwa tingkat risiko pinjaman Amartha ini bisa saja terjadi meskipun Amartha termasuk yang memiliki track record cukup baik di dunia fintek. Hal ini dikarenakan tenor pinjaman yang hanya sekitar satu tahun memiliki likuiditas yang rendah. Ketika di lapangan dan bertemu dengan calon peminjam, ada baiknya Anda melakukan studi ringan mengenai usaha yang dijalankan. Ini dilakukan guna meminimalisir risiko yang Anda alami.

Selain tersedia Amartha konvensional, Amartha juga menyediakan Amartha Syariah di mana transaksi yang dilakukan bebas riba dan menggunakan akad mudharabah atau jual beli. Meskipun akad antara pemodal dan peminjam modal dilakukan secara syariah, namun Amartha Syariah tetap memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Transaksi yang dilakukan pun tetap adil, aman, transparan, serta bebas haram dan riba.

Dalam hal pendanaan, Amartha tidak bersifat crowfunding. Artinya, pendanaan hanya dilakukan oleh satu investor untuk mendanai satu peminjam. Jadi, investor tidak bisa bersama-sama mendanai peminjam. Dengan sistem satu investor, satu peminjam, investor bisa lebih teliti dan fokus dalam mempelajari peminjamnya. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan jika di lain waktu peminjam mengajukan pinjaman lagi. 

Adapun syarat menjadi investor, setidaknya Anda memenuhi beberapa persyaratan berikut antara lain, memiliki nomor rekening bank; Anda memiliki akun di Amartha dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir atau data diri. Jika sudah dikonfirmasi oleh Amartha dan disetujui, maka Anda bisa melakukan pendanaan minimal Rp 3 juta sebagai investor perorangan.

Bagaimana Tingkat Keamanan Pinjaman Amartha?


Sebagimana telah dijelaskan di atas bahwa Amartha merupakan perusahaan fintek yang sudah beroperasi di bawah pengawasan OJK, maka soal keamanan sudah tidak perlu ditanyakan lagi. PT Amartha Mikro Fintek telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-2492/NB.111/2017 pada 13 Mei 2017.

Selain sudah terdaftar di OJK, Amartha juga menyediakan asuransi yang disebut Jamkrindo. Asuransi ini bisa dibeli ketika melakukan cekout dengan menambahkan 1.5% dari total pinjaman. Dengan begitu, dana Anda sudah terasuransi.

Sampai hari ini pun, belum pernah ada laporan bahwa Amartha melakukan penipuan. Artinya, Amartha memegang kepercayaan yang sudah diberikan masyarakat kepadanya. Kalaupun ada beberapa komentar atau review negatif mengenai Amartha, itu adalah hal yang wajar mengingat setiap lembaga investasi pun pasti memiliki plus dan minusnya masing-masing.

Cek juga

3% per bulan
Gaji 2 juta tiap bulan
Min usia 25 tahun
Promo kartu kredit BNI Syariah tanpa riba 2021
3% per bulan
Pendapatan min setiap bulan 3 juta
Berusia min 21 tahun
Promo pinjam online bunga rendah dari Uangme 2021
Bunga mulai 3%
Gaji tiap bulan Rp 2 Juta
Umur min 25 tahun
Promo pengajuan kartu kredit BCA langsung acc 2021
Back To Top